Teman Baik

Kalau boleh, aku mau balik kemasa kecil dulu, aku salah, aku ga bisa ngelakuin sesuatu, mau nangis sekenceng apapun, semua orang maklum. Tapi, sekarang aku udah bukan anak kecil lagi. Aku salah? Ada tanggung jawab yang mesti ku tanggung sendiri. Aku ga bisa? Aku masih harus terus berusaha walau aku ga suka. Aku sedih? Ga semua orang mau dengar tangisku, ga semua orang benar – benar peduli sama aku.

Buatku, masa remaja itu masa complicated. Ditambah lingkungan, pergaulan, teman, yang kalau salah pilih, salah langkah, bakal salah terus kalau bukan kita sendiri yang ngerubah secepatnya. Kalau masa remaja adalah masa complicated, harusnya ada teman yang bisa buatnya ga complicated lagi.

Tapi.. aku tau, ga semua teman baik, ga semua teman benar – benar rela kesusahan demi temannya. Yaaa, ga ada teman yang sempurna.. tapi, meminta agar teman ga meninggalkan saat kita kesusahan bukannya itu wajar dalam pertemanan?

Hm.. kalo versi Ayahku. Beliau bilang, teman yang baik adalah teman yang kalau kita ada urusan sebentar dijam pulang sekolah, lalu dia menunggu kita sampai selesai tanpa pernah berkomentar “lama banget”, “masih lama ya?” atau “gue pulang duluan deh ya”, itu teman baik namanya.

Kadang, aku belajar dari sebuah pertemanan, ketika aku ada diposisi yang aku ga suka, sebisa mungkin aku ga akan melakukannya pada teman lainnya. Waktu aku kesusahan, aku jadi bisa tau, mana teman baik mana yang enggak, cukup liat mana yang ga rela liat temannya kesulitan, dan liat mana yang ga mau tau kalau temannya susah.

Dulu, waktu aku kecil.. aku kenal satu bocah tomboy yang baiknya pake super duper. Namanya Ipit.
“Hai ipit.. apa kabar kamu sekarang? Masih suka main sepeda keliling perumahan? Hihi”

Hm.. Kadang aku benci, aku belum pernah nemuin teman sebaik Ipit. Dan kalo diliat dari kalimat barusan, kebayang kan segimana baiknya Ipit? Baik banget. Dia lucu juga. Dulu, waktu aku belum punya sepeda, Ipit bonceng aku kemana – mana. Ipit sering jajanin aku, soalnya dia jajannya banyak banget buat ukuran anak kecil. Ipit juga sering ajak aku mampir ke rumah makan padang milik Ibu-Ayahnya yang ada dipinggiran jalan raya depan perumahan yang sering banjir itu, buat sekedar makan gratis disana.

Ipit, teman yang umurnya satu tahun lebih tua diatas aku. Hitam manis, ditambah alis tebel plus rambut hitam panjang. Dulu, ada banyak hal yang bikin aku iri sama Ipit.. Ipit bisa main sepatu roda, aku engga. Ipit kalo lari kenceng, aku engga. Ipit punya poni yang tebel, aku engga. Ipit jajannya banyak, aku engga. Tapi ada juga hal yang Ipit ga bisa, tapi aku bisa, aku bisa main rubik, Ipit engga. Aku bisa ngewarnain pake crayon, Ipit gabisa. Tulisanku juga lebih bagus plus rapih dibanding Ipit, hehe ko sombong kamu li.

Kangen banget sama Ipit. Emang susah nyari teman sebaik Ipit.

Comments

Popular posts from this blog

Hidup

Biodata Paling Gaul

Kopi